E- commerce dan Perkembangan Pola Hidup
Bisnis
e-commerce adalah suatu ide bisnis yang mebutuhkan pemikiran out of the box,
karena untuk membuat bisnis e-commerce tidak semudah yang dibayangkan. E-
commarce adalah salah satu platform bisnis yang menyediakan penjual dan pembeli
bertemu disalah satu wadah, wadah tersebut dapat berbentuk aplikasi ataupun
website. Di Indonesia sendiri
,E-commarce pertama kali adalah Tokopedia, dimana Tokopeda ini didirikan oleh
William Tanuwijaya pada tahun 2007.
William
menegaskan bahwasanya banyak sekali rintangan dalam mendirikan Tokopedia, baik
itu kesulitan untuk mencari dana dari investor, keterbatasan pengetahuan
masyarakat Indonesia tentang dunia internetan dikala itu, serta keterbatasan
bahasa inggris. Namun sekarang kesulitan itu dilawan William. Kini Tokopedia
merupakan e-commarce nomor dua di Indonesia dan
bahkan di Asia Tenggara.
Strategi
sukses William dalam mengembangkan tokopedia adalah membantu masyarakat
Indonesia agar masyarakat kita memiliki ekonomi yang baik, terbukti dengan
melalui Tokopedia ini sudah banyak masyarakat yang menjajakan produksinya
melalui platform ini. Membangun kepercayaan dengan kepada investor adalah salah
satu kunci sukses William. Dengan melakukan pitching dan negoisasi terhadap
pemilik investor adalah kelancaranya.
Lalu apa kelebihan Tokopedia dengan E-commarce lain seperti bukalapak, olx dan lain – lain ? fitur kemudahan dalam kebutuhan sehari-hari, mulai dari isi ulang pulsa, paket data, air, listrik hingga berdonasi pun bisa dilakukan melalui Tokopedia. Tokopedia juga menjadi e-commerce pertama yang memungkinkan pengguna membayar BPJS.
Komentar
Posting Komentar